EmitenNews.com- OJK terus mendorong penguatan inklusi keuangan di masyarakat terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa dengan menabung di perbankan yang diharapkan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan.


OJK bersama Kementerian/Lembaga dan Industri Perbankan menggelar kegiatan KEJAR Prestasi Generasi Muda Indonesia (KREASIMUDA) yang diselenggarakan secara hybrid dan dihadiri oleh 3.000 pelajar tingkat SD, SMP, SMA/sederajat serta mahasiswa di SMESCO Convention Hall, Jakarta, Selasa (23/8/2022).


Ketua OJK Mahendra Siregar mengajak generasi muda terus menabung untuk turut berkontribusi membangun perekonomian negara. “Kalau kita lihat kondisi ekonomi Indonesia saat ini relatif lebih baik dari negara lain karena kita punya generasi muda yang jumlahnya lebih besar. Generasi muda bisa menjadi tiang ekonomi Indonesia. Manfaat dari menabung itu akan menjadi potensi yang dahsyat bagi negara kita tercinta ini. Lakukan aktivitas menabung, proses investasi, menjadikan masa depan kalian lebih kuat dan sejahtera bagi semua bangsa,” katanya.


Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meminta para pelajar dan mahasiswa semakin giat menabung yang selain bisa membantu perekonomian negara juga bisa mendukung masa depan mereka.


“Saya percaya, adik-adik mampu memimpin Indonesia, mampu menjadi wirausahawan tangguh, mampu menjadi menteri bahkan menjadi presiden. Makanya mulai menabung dari sekarang. Menabung lalu asuransi, dan saya yakin nanti ke depan masa depan kita akan cerah,” katanya


Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi menyebutkan sebanyak 738.850 tabungan pelajar dibuka selama perhelatan program Kejar Prestasi Generasi Muda (Kreasimuda) Indonesia 2022.


Sejak 2020, OJK meluncurkan program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dan Program Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda) yang merupakan implementasi dari Keputusan Presiden RI Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung (HIM).


"Selama periode Kreasimuda 2022, 1 Juli sampai 15 Agustus 2022, terdapat pembukaan rekening tabungan sebanyak 738.853 rekening pelajar, terdiri dari 694.955 rekening simpanan pelajar (Simpel) dan 43.898 rekening anak lainnya," katanya dalam puncak Kreasimuda 2022 yang dipantau di Jakarta, Kamis.


Adapun nilai dana pelajar yang ditabung dalam periode tersebut mencapai Rp104,37 miliar yang terdiri dari Rp45,02 miliar untuk tabungan Simpel dan Rp59,35 miliar untuk tabungan anak lainnya.


"Angka ini jauh melebihi dari target kegiatan Kreasimuda untuk pembukaan rekening tabungan segmen anak, pelajar, dan mahasiswa yaitu sebanyak 250.000 rekening," katanya.