EmitenNews.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rabu (22/2) menetapkan Pemenang Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja (WK) Migas Tahap II Tahun 2022 untuk Wilayah Kerja Sangkar, Bunga dan Peri Mahakam, Rabu (22/2). Lelang ketiga WK tersebut dimulai tanggal 23 November 2022 dan berakhir 6 Januari 2023.


Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menyampaikan, berdasarkan hasil penilaian atas Dokumen Partisipasi dari peserta lelang, pihaknya telah menetapkan perusahaan Pemenang Lelang Penawaran Langsung.


Untuk Wilayah Kerja Bunga pemenang lelangnya adalah Konsorsium PT. Pertamina Hulu Energi dan Posco International Corporation. Kegiatan di WK ini terdiri dari Studi G&G dan akuisisi dan reprosesing data seismik 3D 350 km2 dengan total nilai USD4 juta ditambah bonus tanda tangan senilai USD100 ribu.


Untuk Wilayah Kerja Peri Mahakam, pemenang lelangnya adalah Konsorsium PT. Pertamina Hulu Energi dan Eni Indonesia Limited. Kegiatannya sama, yakni Studi G&G dan akuisisi dan reprosesing data seismik 3D 350 km2, ditambah 1 sumur eksplorasi. Total nilai komitmen pasti 3 tahun pertamanya sebesar USD7,2 juta ditambah bonus tanda tangan senilai USD50 ribu.


Sedangkan untuk Wilayah Kerja Sangkar, pemenangnya adalah PT Saka Eksplorasi Timur, dengan kegiatan Studi G&G dan akuisisi dan reprosesing data seismik 3D 350 km2. Total nilai komitmen pasti tiga tahun pertama sebesar USD3 juta ditambah bonus tanda tangan USD50 ribu.


"Dengan demikian jumlah total investasi komitmen pasti dari 3 WK tersebut adalah sebesar USD14.200.000 dan bonus tanda tangan sebesar USD200.000," ungkap Tutuka.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Wilayah Kerja Bunga berlokasi di lautan Provinsi Jawa Timur dengan luas area 8.500 km2 dan potensi sumber daya minyak dan gas bumi sebesar 1.300 million barrel of oil equivalent (MMBOE). Sedangkan Wilayah Kerja Peri Mahakam, berlokasi di lautan dan daratan Provinsi Kalimantan Timur, dengan luas area 7.414,43 km2 dan potensi sumber daya minyak dan gas bumi sebesar 1.300 MMBOE.


Sementara Wilayah Kerja Sangkar, berlokasi di lautan dan daratan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, dengan luas area 8.122,58 km2 dan potensi sumber daya minyak bumi sebesar 130 MMBO dan gas bumi sebesar 300 billion cubic feet (BCF).


Saat ini untuk Lelang Reguler yaitu WK Bose juga masih berjalan. Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas.(*)