EmitenNews.com—Perkembangan digital mendorong banyak pihak mulai mengenal dan menaruh perhatian khusus di dunia investasi. Melihat potensi besar investor millenia, Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan 100 galeri investasi (GI) baru pada 2023. Hal ini merujuk pada jumlah investor ritel yang masih mencatatkan tren pertumbuhan.


"GI yang saat ini jumlahnya sudah 700. Mudah-mudahan tahun depan bertambah sekitar 100 GI. Tapi nanti kita lihat dulu karena biasanya untuk proses pendiriannya melibatkan kerjasama banyak pihak," kata Kepala Divisi Pengembangan Pasar BEI, Dedy Priadi dalam Edukasi Wartawan Pasar Modal, Kamis (6/10/2022).


Per September 2022, BEI telah memiliki 710 GI yang tersebar di seluruh Indonesia. Dedy mengatakan, edukasi yang diberikan melalui Galeri Investasi diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi investor pemula utamanya.


"Jadi target tahun depan kita ingin edukasi lebih banyak investor. Karena semakin mudah atau semakin banyak orang teredukasi, berarti tingkat literasi kita semakin tinggi. Karena edukasi itu perlindungan investor yang paling awal," kata dia.


BEI memiliki tiga tipe GI yang saat ini beroperasi. Pertama, konvensional (GI BEI), merupakan kerja sama antara BEI, institusi, dan Anggota Bursa (AB) mitra, yang menyediakan fasilitas ruangan khusus secara fisik untuk aktivitas GI BEI berada.


Kedua, Galeri Investasi Syariah (GIS BEI). Tipe ini melibatkan pihak yang sama dengan GI BEI konvensional namun menerapkan prinsip syariah dalam bertransaksi. Selanjutnya, Galeri Investasi Digital (GID BEI). Melibatkan kerja sama antara BEI, institusi dan AB mitra yang aktivitasnya dilakukan secara digital dan tidak mensyaratkan adanya fasilitas berupa ruangan khusus.


Terakhir, Galeri Investasi Edukasi (GIE BEI). Menariknya, tipe ini melibatkan kerja sama antara BEI, SMA/SMAK atau diwakili Yayasan, GI BEI perguruan tinggi atau non perguruan tinggi, dan AB mitra.


Peran perguruan tinggi atau non perguruan tinggi dalam pendirian GIE BEI adalah sebagai pendamping. Pendirian GIE BEI mensyaratkan adanya fasilitas ruangan yang dipergunakan sebagai aktivitas GIE BEI di lokasi tempat GIE BEI berada.