Kawasan ASEAN mempunyai potensi yang sangat besar. Dengan jumlah penduduk sebesar 679 juta jiwa, penting bagi ASEAN untuk meningkatkan daya saingnya demi pertumbuhan ekonomi domestik dan regional. 

 

Pada tahun 2022, ASEAN mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup baik yaitu sebesar 5,6%, angka ini berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia yang sebesar 3,1%.

 

Nilai produk domestik bruto ASEAN mencapai US$ 3,62 triliun dan kontribusi ekspor ASEAN terhadap dunia mencapai 8,39% dari total ekspor dunia dengan nilai US$ 2,05 triliun. 

Pertumbuhan ekonomi beberapa negara ASEAN juga berada di atas rata-rata pertumbuhan dunia yang diperkirakan mencapai 5 persen pada tahun 2024. Atas dasar itu, ASEAN menjadi incaran produk crossborder dari luar kawasan ASEAN.

 

Saya berharap belajar dari inisiatif yang diambil oleh pemerintah pada kesempatan Keketuaan ASEAN, KAKI juga dapat memberikan inisiatif yang lebih bermanfaat dalam mempromosikan praktik bisnis., yang menjunjung tinggi transparansi dan tata kelola yang baik pada 2023.

 

"Sekali lagi, saya menyampaikan apresiasi dan harapan terbaik saya atas Konferensi Koalisi Aksi Kolektif Bisnis yang sukses dan membuahkan hasil," tutup Teten.