EmitenNews.com -Fitch Ratings telah mengafirmasi Issuer Default Rating (IDR) Jangka Panjang PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) di 'BBB'. Outlook Stabil. Fitch juga telah mengafirmasi IDR Jangka Pendek 'F2'.

 

Kemungkinan Dukungan Pemegang Saham yang Tinggi: Peringkat Adira Finance didorong oleh ekspektasi kami akan kemungkinan dukungan luar biasa dari induknya, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon, BBB/Stabil/bb), dan induk utamanya, Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. ( MUFG, A-/Stabil/a-), pada saat dibutuhkan. Danamon memiliki sekitar 92,1% Adira Finance, dan 92,5% dimiliki oleh MUFG.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang peringkat Danamon, silakan lihat "Fitch Affirms Indonesia's Bank Danamon at 'BBB'/'AAA(idn)'; Outlook Stable" yang diterbitkan pada 14 April 2023.

 

Peringkat Disamakan Dengan Induk: Kami menganggap Adira Finance sebagai anak perusahaan inti Danamon dan menyamakan IDR-nya dengan bank induknya. Adira Finance memainkan peran penting dalam bisnis pembiayaan konsumen Danamon, memberikan kontribusi sekitar 78% dari pinjaman konsumen konsolidasi dan piutang sewa dan sekitar 46% dari laba sebelum pajak konsolidasi induk pada tahun 2022. Kami percaya Danamon akan memiliki kecenderungan tinggi untuk mendukung Adira Keuangan karena kontribusi keuangan yang cukup besar dan integrasi yang erat dengan bank induk.

 

Sangat Terintegrasi: Integrasi yang kuat antara induk dan anak perusahaan tampak jelas dalam hubungan manajemen dan pendanaan mereka yang signifikan, termasuk fasilitas pembiayaan bersama. Sekitar 47% dari piutang yang dikelola bersih Adira Finance didanai melalui saluran ini, dibukukan di neraca Danamon tetapi dikelola oleh Adira Finance. Danamon dan MUFG juga memberikan fasilitas pinjaman biasa kepada anak perusahaan, dan terdapat koordinasi manajemen yang erat antara Danamon dan Adira Finance. Praktik tata kelola perusahaan dan manajemen risiko anak perusahaan diselaraskan dengan Danamon.

 

Pengumuman bahwa Adira Finance akan mengakuisisi 10% saham di PT Home Credit Indonesia (HCID), bersamaan dengan kepemilikan saham yang lebih besar yang dipegang oleh entitas grup MUFG lainnya, memperkuat penilaian kami bahwa perusahaan pembiayaan tersebut terintegrasi ke dalam grup yang lebih luas. Akuisisi yang direncanakan masih dalam proses penyelesaian.

 

Ultimate Induk Berperingkat Lebih Tinggi: Kami menilai bahwa Danamon akan memiliki kemampuan finansial untuk memberikan dukungan luar biasa kepada Adira Finance, jika diperlukan, dengan mempertimbangkan sumber daya tambahan dari grup MUFG yang jauh lebih besar. Basis ekuitas Adira Finance berjumlah 21% signifikan dari ekuitas konsolidasi Danamon, tetapi kurang dari 1% MUFG.

 

Pendirian Pembiayaan Kendaraan Domestik: Adira Finance memiliki waralaba yang mapan sebagai salah satu dari tiga perusahaan pembiayaan konsumen teratas di Indonesia berdasarkan piutang yang dikelola. Pembiayaan Beragun Kendaraan merupakan bagian terbesar dari portofolionya, seperti kebanyakan perusahaan sejenisnya, tetapi ini tersebar di campuran pembiayaan sepeda motor baru dan bekas (masing-masing 28% dan 5% dari piutang yang dikelola pada akhir tahun 2022), baru dan bekas pembiayaan mobil (masing-masing 36% dan 17%), dan pinjaman multiguna dengan agunan kendaraan (13%). Pembiayaan barang tahan lama hanya 1% dari buku dan kemungkinan akan tetap kecil.

 

Profil Mandiri yang Stabil: Profil mandiri Adira Finance tidak mendorong peringkatnya, tetapi Fitch menganggapnya sebagai salah satu perusahaan pembiayaan yang lebih kuat di Indonesia. Pandangan ini berasal dari waralaba terkenal dengan pangsa pasar sekitar 8% dalam piutang industri pembiayaan, kualitas aset yang dapat diterima dan profitabilitas yang sehat melalui siklus kredit sebelumnya, leverage yang moderat, dan profil jatuh tempo aset-liabilitas yang sesuai. Fitur-fitur ini membantu mengimbangi buku pembiayaan konsumen berisiko tinggi perusahaan dan neraca yang didanai grosir.