Risiko terhadap Diversifikasi Target: Kami memperkirakan pendapatan non-batubara akan meningkat secara bertahap mendekati target Indika selama 2025-2026, karena harga batubara termal yang lebih rendah dan karena pendapatan dari proyek-proyek baru Indika mulai meningkat. Meski begitu, target Indika sebesar 50% pendapatan non-batubara tetap berisiko; peningkatan yang lebih lambat dari perkiraan Fitch dari bisnis baru atau harga batu bara yang lebih tinggi dapat menunda target diversifikasi pendapatan.

 

Risiko Eksekusi yang Dapat Dikelola: Kami berharap risiko eksekusi dari diversifikasi Indika dalam investasi greenfield sebagian besar dapat dikelola, mengingat pendekatannya yang hati-hati. Perusahaan juga telah bermitra dengan investor strategis, dengan lebih banyak pengalaman di industri masing-masing saat memasuki industri baru dan berkembang. Manajemen juga memiliki catatan yang kuat dalam mengelola siklus penurunan komoditas, oleh karena itu, kami memperlakukan investasi baru ini netral terhadap profil kredit Indika.

 

Operasi Kideco yang Kuat: Indika mendapat manfaat dari catatan panjang Kideco dengan volume yang stabil, posisi biaya yang kuat, dan kemampuan untuk mengurangi biaya operasi selama periode harga batu bara yang rendah. Kideco mampu mempertahankan EBITDA per tonnya di atas USD4, bahkan selama penurunan pasar sebelumnya pada tahun. Kami perkirakan EBITDA per ton Kideco berkisar sekitar USD18 pada tahun 2023 dan selanjutnya menjadi sekitar USD6-10 selama tiga tahun ke depan.

 

Masa cadangan Kideco juga cukup untuk peringkat tersebut, lebih dari 15 tahun berdasarkan produksi yang diharapkan. Konversi izin pertambangan Kideco menjadi IUPK pada Desember 2022 juga telah mengurangi ketidakpastian regulasi.

 

Ruang Utama Peringkat Nyaman: Kami memperkirakan leverage bersih Indika akan tetap di bawah 0,1x pada 2023-2026 (2022: posisi kas bersih), tetap nyaman di bawah sensitivitas peringkat negatif kami sebesar 2,5x, didorong oleh pendapatan yang stabil dari operasi penambangan batubara, pengeluaran investasi yang terkendali dan peningkatan bertahap dalam kontribusi pendapatan dari proyek-proyek baru. Dalam kasus pemeringkatan kami, kami perkirakan headroom peringkat akan dipertahankan meskipun asumsi harga batubara lebih rendah secara signifikan sejalan dengan dek harga komoditas Fitch.

 

Rekan terdekat Indika adalah PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS, BB-/Stabil). Menurut kami Indika dan GEMS memiliki posisi biaya yang kompetitif dengan kemampuan yang ditunjukkan untuk mengelola biaya sejalan dengan pergerakan harga batu bara dan umur cadangan yang memadai untuk tambang utama mereka. Kami memperkirakan skala GEMS akan meningkat melampaui Indika, mengingat rencana Indika untuk terus meningkatkan produksi. Hal ini diimbangi oleh operasi Indika yang stabil dan mapan dengan rekor yang jauh lebih lama, menurut pandangan kami.

 

Kami yakin strategi diversifikasi Indika di luar batu bara termal akan membantu mengurangi tantangan yang timbul dari pengetatan akses pendanaan bagi pemain batu bara termal dari peningkatan pertimbangan ESG. Namun, menurut kami perbedaan ini diimbangi oleh profil keuangan GEMS yang lebih konservatif dengan posisi kas bersih yang konsisten dan ketergantungan yang terbatas pada pendanaan eksternal, membenarkan peringkat keduanya pada level yang sama.

 

Asumsi Utama Fitch Dalam Kasus Peringkat Kami untuk Emiten, Harga jual rata-rata batubara Kideco sejalan dengan dek harga batubara Fitch sebagai berikut untuk indeks Newcastle 6000: 2023: USD190/ton, 2024: USD90/ton, 2025: USD83/ton dan 2026 dan seterusnya: USD63/ton.