EmitenNews.com -Fitch Ratings telah mengafirmasi Peringkat Jangka Panjang Mata Uang Asing dan Mata Uang Lokal Issuer Default Rating (IDR) PT Indika Energy Tbk (INDY) dan peringkat pada surat utang yang beredar di 'BB-'. Prospek Rupiah Stabil. Pada saat yang sama, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang di 'A+(idn)' dengan Outlook Stabil.

 

Penegasan dan Outlook Stabil mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa profil keuangan Indika akan tetap kuat selama tiga tahun ke depan, meskipun kami mempertimbangkan asumsi harga batubara yang lebih rendah seiring dengan peningkatan investasi diversifikasi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan non-batubara. Harga batu bara yang tinggi selama dua tahun terakhir telah mendukung perbaikan profil keuangan Indika, tercermin dari posisi kas bersihnya pada akhir tahun 2022 (2021: EBITDA net leverage 0,7x).

 

Posisi kas bersih juga meningkatkan fleksibilitas Indika untuk mengelola jatuh tempo obligasi selama tiga tahun ke depan meskipun ada investasi, dan memitigasi risiko dari pengetatan akses pendanaan untuk perusahaan batubara termal. Peringkat tersebut terus mencerminkan posisinya sebagai produsen batubara terkemuka di Indonesia dan posisi biaya operasional penambangan batubara yang moderat di anak perusahaan yang dimiliki 91%, PT Kideco Jaya Agung.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'A' menunjukkan ekspektasi akan risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau obligasi lain di Indonesia. Namun, perubahan keadaan atau kondisi ekonomi dapat mempengaruhi kapasitas pembayaran tepat waktu ke tingkat yang lebih besar daripada komitmen keuangan yang ditunjukkan oleh kategori peringkat yang lebih tinggi.

 

Investasi Pendukung Penyangga Kas Besar : Kami berharap saldo kas Indika yang besar sebesar USD1,2 miliar pada akhir Maret 2023 akan mendukung investasinya selama tiga tahun ke depan . Indika berencana untuk berinvestasi sekitar USD450 juta selama 2023-2025 terutama dalam usaha bisnis baru, karena perusahaan berupaya mencapai target 50% pendapatan dari bisnis non-batubara pada tahun 2025 (2022: 12%, 2021: 13%). Operasi Indika yang ada, termasuk Kideco, Tripatra dan Indika Indonesia Resources, memiliki kebutuhan belanja modal yang sederhana, rata-rata sekitar USD50 juta-100 juta per tahun pada 2023-2025.

 

Penghasilan Menjadi Sedang: Fitch memperkirakan EBITDA Indika akan turun menjadi USD300 juta-360 juta pada 2024-2026, dari sekitar USD540 juta pada 2023 (2022: USD 1,27 miliar), karena kami mempertimbangkan asumsi harga batu bara yang lebih rendah, royalti dan pajak baru struktur di bawah izin IUPK (izin usaha pertambangan khusus) yang dikonversi dan pengurangan produksi batubara menjadi sekitar 30 juta ton per tahun (mtpa) (2022: 34,8mtpa) dalam jangka menengah, sejalan dengan panduan manajemen. Kami memperkirakan EBITDA sebesar USD20 juta-45 juta dari investasi baru pada 2023-2024 dengan sebagian besar bisnis masih meningkatkan operasi.

 

Kami memperkirakan EBITDA Indika setelah 2024 akan mulai meningkat secara moderat. Kami memperhitungkan EBITDA sebesar USD117 juta pada tahun 2025 dan USD157 juta pada tahun 2026 dari bisnis baru Indika, terutama proyek emas Awakmas, Interport, dan proyek tenaga surya EMITS.

 

Bisnis Pertambangan Batubara Tetap Penting: Kami memperkirakan Kideco akan terus mendukung profil kredit Indika selama dua hingga tiga tahun ke depan, memberikan kontribusi arus kas yang kuat kepada grup hingga pendapatan dari investasi barunya meningkat. Kami memperkirakan Kideco akan berkontribusi sekitar 85% dari EBITDA grup pada tahun 2023, sebelum turun menjadi sekitar 67% pada tahun 2024 dan 60% pada tahun 2025 karena proyek diversifikasi Indika berkontribusi lebih besar.

 

Profil Bisnis yang Berkembang: Profil bisnis Indika akan berkembang selama dua hingga tiga tahun ke depan karena berupaya meningkatkan pendapatan batubara non-termal. Beberapa investasi Indika berada di industri yang sedang berkembang, yang berarti posisinya di lanskap persaingan yang berkembang tersebut akan memengaruhi penilaian Fitch terhadap profil kredit masa depan. Namun, Fitch percaya bahwa strategi Indika untuk melakukan diversifikasi di luar batu bara termal akan membantu mengurangi tantangan yang timbul dari pengetatan akses pendanaan bagi pemain batu bara termal dari peningkatan pertimbangan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).