EmitenNews.com - Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan mengungkapkan bahwa sektor hilirisasi akan menjadi sektor yang menjadi incaran investor di tahun ini.


“Kita melihatnya hilirisasi ini yang bakalan menjadi sektor incaran. Kalau kita bicara tentang hilirisasi kan basis logikanya adalah bahwa memang Sumber Daya Alamnya ada di Indonesia,” ujar Nurul Ichwan.


Lebih lanjut Nurul mengatakan, ke depannya BKPM akan mencoba menggali potensi peluang investasi di ekonomi hijau dan ekonomi biru.


“Misalnya ketika kita berbicara mengenai supplier atas kebutuhan bisnis carbon trading, karena kalau bicara carbon trading ini kan kita bisa membuat proyek investasi mulai dari menghijaukan hutan yang gundul, menanam mangrove di sepanjang pesisir pantai di Indonesia atau memanfaatkan lahan gambut,” kata Nurul.


Hal tersebut menarik untuk dikembangkan karena dari sisi market, carbon trading ada market yang berkaitan dengan kesepakatan atau komitmen ataupun niatan negara-negara dengan National Determined Contribution (NDC). Selain itu juga adanya voluntary market.


Voluntary market sendiri adalah pelaku usaha yang dalam proses produksinya masih belum menggunakan energi hijau atau dalam proses produksinya masih mengkontribusikan karbon ke atmosfir.


Sehingga dalam rangka untuk mengurangi kontribusi itu maka harus trading atau membeli sertifikat atas hutan yang sudah dihijaukan kembali. Kemudian lahan gambut yang dipelihara untuk tetap basah agar tidak melepaskan karbonnya ke udara sehingga bisa dikalkulasi berapa karbonnya yang tidak terkontribusikan ke udara sebagai kompensasi dari upaya untuk tidak mencemari lingkungan.


“Perusahaan besar yang saat ini teknologinya masih belum bisa meng-cover untuk tidak berkontribusi karbon ke udara, dia akan membeli itu. Nah kalau dia membeli itu kita bisa menjadi suppliernya,” pungkasnya.