EmitenNews.com - Gelaran All England 2023 bakal kurang seru. Pasalnya, salah satu kampiun dunia asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamulyo mundur dari turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu. All England 2023 yang termasuk kompetisi BWF World Tour Super 1.000 itu, akan digelar di Birmingham, Inggris, 14-19 Maret 2023. Meski telah melakukan persiapan matang, Minions terpaksa mundur, karena Kevin belum pulih benar dari sakit demam berdarah.

 

Semula Indonesia akan mengirimkan 16 wakil untuk bertanding di All England 2023, termasuk 6 pasangan ganda putra. Namun, setelah Kevin/Marcus memutuskan mundur, praktis jumlahnya berkurang. Pasangan ini kehilangan kesempatan menambah koleksi medali, termasuk juara All England dua kali.

 

Dalam ketrengannya kepada pers, seperti dikutip Minggu (12/3/2023), Pelatih kepala ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, mengatakan bahwa pasangan ganda putra solid itu, mundur lantaran Kevin belum pulih 100 persen setelah terkena demam berdarah. Kevin terkena demam berdarah 10 hari sebelum keberangkatan ke Inggris. 

 

Dalam keterangannya melalui PBSI, Herry menyebutkan, secara persiapan Kevin/Marcus cukup baik. Sayangnya, hari sebelum keberangkatan, Kevin positif DBD. Usai menjalani perawatan, dan beristirahan total, Rabu (8/3/2023), Kevin sudah menjalani latihan kembali. Sayangnya, setelah berdiskusi dengan pasangannya Marcus, Kevin mengatakan tidak bisa siap 100%. 

 

“Setelah konsultasi dengan saya dan Aryono, diputuskan bersama untuk tidak berangkat. Saya pun melihat kondisinya memang belum fit. Tenaganya belum balik karena 4-5 hari tidak latihan. Lebih baik memang recovery dulu," ujar Herry.

 

Herry memastikan, tidak ada alasan lain di balik mundurnya Marcus/Kevin di All England 2023, selain karena sakit yang diderita Kevin. Ia menilai pasangan tersebut sangat fokus untuk main dalam turnamen bergengsi itu. Bahkan, menurutnya, dalam sesi latihan sebelum sakit, Kevin sangat ngotot dalam latihan. Semua program dijalankan dengan baik, tidak ada yang ditinggalkan.

 

"Jadi, ini murni karena sakit DBD yang menyerangnya," ucap Herry. 

 

Dengan mundurnya Kevin/Marcus, Indonesia menyisakan lima pasangan ganda putra di All England 2023. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. 

 

Kepada anak asuhnya, pelatih Herry berpesan agar tidak berkecil tidak berkecil hati, apalagi sampai putus asa dan menyerah. Secara khusus ia meminta, Marcus-Kevin agar lebih sabar lagi. Tetap menjaga kondisi. Setelah absen dalam kejuaraan All England 2023, peringkat Marcus-Kevin akan turun.