EmitenNews.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), atau BRI terus mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai program pendampingan, edukasi dan pemberdayaan dengan menyediakan berbagai platform yang familiar bagi masyarakat. Berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, BRI menyediakan vending machine untuk memudahkan pemasaran UMKM.

 

BRI menyadari pentingnya peran UMKM sebagai penggerak ekonomi bangsa Indonesia. Karena itu, perlu terus didukung dan diberdayakan termasuk dalam hal pemasaran produk hingga perluasan pasar. 

 

Tidak itu saja. Inovasi dalam menumbuhkembangkan UMKM terus dilakukan dengan menyediakan platform dengan konsep outlet self service sehingga dapat meningkatkan minat pembelian produk UMKM. Salah satunya, vending machine produk UMKM binaan Rumah BUMN BRI yang diresmikan pada Senin (27/11/2023) di Kementerian BUMN.

 

Dalam rilis yang diterima Jumat (1/12/2023), Staf Khusus III Kementerian BUMN RI Arya Sinulingga mengatakan bahwa dengan hadirnya vending machine ini diharapkan dapat memperluas pemasaran produk UMKM. Dengan begitu kesempatan UMKM untuk semakin sejahtera dan naik kelas semakin terbuka.

 

“Awalnya Vending Machine ini, ide Pak Menteri Erick Thohir, menjawab permintaan kawan-kawan UMKM untuk lebih mempromosikan produk UMKM. Harapan ke depan seluruh produk UMKM bisa masuk vending machine seiring dengan bertambahnya jumlah vending machine,” ungkap mantan wartawan ini.

 

Dalam peresmian tersebut, vending machine pertama diisi oleh 11 UMKM Binaan BRI yang terdiri atas 19 jenis produk. Kapasitas 1 mesin sebanyak 150 produk UMKM pilihan yang dapat dibeli melalui transaksi pembayaran menggunakan QRIS. Nantinya, vendor akan memonitor produk mana saja yang banyak diminati, kemudian menjadi bahan evaluasi ke depannya.

 

Harga lebih murah dibanding umumnya retail

Senior Executive Vice President (SEVP) Bisnis Ultra Mikro BRI, M. Candra Utama mengatakan bahwa melalui vending machine ini, pembeli bisa mendapatkan produk dengan harga berbeda dari di toko retail pada umumnya. Sebab mesin penjual otomatis tersebut, memberikan harga jual langsung dari UMKM.

 

“Jadi hal ini dapat meningkatkan pembelian produk UMKM yang merupakan sumbangsih kita kepada negara. Ini juga menjadi langkah nyata kita mendukung Program Bangga Buatan Indonesia,” ucapnya.