EmitenNews.com - Platform teknologi investasi terbesar, dan salah satu perusahaan unicorn Indonesia, Ajaib, mencatat investor atau pengguna lebih dari dua juta investor. Itu berarti pertumbuhan investor lebih dari 100 persen dalam tempo 12 bulan terakhir. Ajaib berkomitmen terus meningkatkan akses layanan keuangan modern kepada generasi baru Indonesia dengan menyediakan layanan investasi aman, dan terpercaya. 


Berdasar data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan, jumlah investor saham dan surat berharga lainnya pada September 2022 mencapai 4,22 juta investor. Meningkat 22,4 persen dibanding edisi Desember 2021 sejumlah 3,45 juta. Nah, dari segi demografi, lebih dari 81 persen investor didominasi gen-Z, dan milenial. 


Pertumbuhan pesat investor saham di Indonesia selaras dengan pertumbuhan pengguna Ajaib. Merujuk data internal Ajaib menunjukkan, saat ini investor saham Ajaib bertumbuh lebih dari 100 persen dalam tempo 12 bulan, dan menembus 2 juta investor. Selain itu, lebih dari 90 persen nasabah Ajaib Gen-Z dan milenial. Di mana, mayoritas di antaranya merupakan first time investors yang menemukan akses investasi saham pertama melalui Ajaib, 


Strategic Communications Lead Ajaib, Iwan Kurniawan, menjelaskan sejak awal berdiri Ajaib memiliki visi menyambut generasi baru investor dengan layanan keuangan modern terpercaya. Ajaib melihat banyak generasi muda Indonesia kesulitan akses terhadap investasi di pasar modal. Untuk itu, Ajaib membuat aplikasi investasi melalui pendekatan mobile first ramah pengguna, dan 100 persen online untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat berbagai daerah. 


”Kami percaya setiap orang harus memiliki akses ke layanan keuangan, dan sayangnya anak-anak muda Indonesia pada saat itu melihat investasi sesuatu yang jauh, mahal, butuh modal, dan biaya besar. Untuk itu, Ajaib membuat platform investasi mudah, aman, dan relevan dengan kebutuhan Gen-Z, dan milenial yang digital-savvy. Hasilnya, dalam waktu dua tahun Ajaib menjadi pilihan utama, dan terpercaya bagi investor baru Indonesia yang ingin melakukan investasi,” ulas Iwan. 


Menyusul pencapaian itu, Ajaib menyabet The Best Online Stock Brokerage melalui Ajaib Sekuritas, dan The Most Trusted Crypto Trading App melalui Ajaib Kripto dari CNBC Indonesia Awards pada 2 November 2022 lalu. Ajaib dinilai sebagai startup investasi pertama menawarkan berbagai instrumen investasi melalui platform online pada aplikasi Android dan iOS, dan dipercaya lebih dari dua juta investor sebagian besar baru mengenal investasi. 


Ajaib Sekuritas berizin, dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ajaib Kripto di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag). Oleh karena itu, potensi risiko investasi akibat penipuan maupun misselling bisa dikurangi secara maksimal. ”Penghargaan itu, menjadi penyemangat kami untuk terus mendemokratisasi akses terhadap investasi kepada masyarakat Indonesia melalui teknologi, sesuai visi Ajaib yang ingin menyambut generasi baru Indonesia melalui pelayanan keuangan modern,” tutup Iwan. 


Pada Oktober 2021 lalu, Ajaib menjadi unicorn ke-7 di Indonesia, dan fintech unicorn investasi pertama Asia Tenggara. Itu setelah menggalang dana Seri B sejumlah USD243 juta atau senilai Rp3,4 triliun. Pendanaan Seri B iru, dipimpin DST Global, bersama investor terdahulu Ajaib, yaitu Alpha JWC, Ribbit Capital, Horizons Ventures, Insignia Ventures, dan SoftBank Ventures Asia. (*)