EmitenNews.com—Hari ini Bursa Efek Indonesia, Rabu (5/4), akan menyelenggarakan acara Seremoni Pencatatan Perdana Saham PT Arsy Buana Travelindo Tbk (kode saham: HAJJ), sebagai Perusahaan Tercatat ke-29 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023.


Selama masa penawaran umum, berdasarkan sistem e-IPO, Perseroan mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 33,14 kali. 


Jumlah pemesan saham HAJJ adalah sebanyak 15.717 pihak yang tersebar dari 34 provinsi di Indonesia dan dari 5 mancanegara. Para pemesan didominasi oleh investor individu sebanyak 15.709 pihak sedangkan sisanya sebanyak 8 investor institusi. 


Hal ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap kondisi Perseroan. Adapun yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Surya Fajar Sekuritas.


Sementara itu Direktur Utama Surya Fajar Sekuritas Steffen Fang menerangkan bahwa kesuksesan IPO HAJJ didukung oleh prospek bisnis yang cerah. Adanya kelebihan permintaan pada saat penawaran umum juga cerminan bentuk kepercayaan investor terhadap kondisi Perseroan, serta keyakinan atas potensi pertumbuhan bisnis di masa mendatang.


“Adanya oversubscribed menunjukkan keyakinan investor terhadap potensi pasar yang besar, apalagi saat ini perseroan merupakan perusahaan penyedia akomodasi perjalanan wisata tercatat pertama di IDX yang memiliki fokus bisnis pada penyediaan akomodasi untuk perjalanan umrah,” ungkap Steffen.


Dana yang akan diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham akan digunakan untuk beberapa kepentingan, seperti:


Sekitar 60% akan digunakan oleh Perseroan untuk reservasi tiket pesawat. Sisanya sekitar 40% akan digunakan oleh Perseroan untuk reservasi slot kamar hotel.


Pemegang saham PT Arsy Buana Travelindo Tbk sebelum IPO adalah PT Madinah Iman Wisata sebesar 99,998% dan Saipul Bahri sebesar 0,002%.


PT Arsy Buana Travelindo Tbk (HAJJ) memiliki beberapa produk layanan yang merepresentasikan “One Stop Solution”. Produk-produk layanan tersebut adalah:


Hotel: PT Arsy Buana Travelindo Tbk (HAJJ) menyediakan hotel yang berlokasi di Mekkah dan Madinah. Semua hotel yang disediakan lokasinya sangat strategis dan dekat dengan masjid-masjid penting seperti Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi.


Land Arrangement: PT Arsy Buana Travelindo Tbk (HAJJ) menyediakan semua kebutuhan jama’ah, mulai dari Visa, Nomor Registrasi Penerimaan Booking, Transportasi, Pemandu Wisata (Tour Guide), dan lainnya.


Tiket Pesawat: PT Arsy Buana Travelindo Tbk (HAJJ) menyediakan tiket untuk ke Arab Saudi dengan berbagai maskapai penerbangan.


PT Arsy Buana Travelindo Tbk didirikan pada tanggal 21 November 2016. Kegiatan usaha Perseroan yaitu menjalankan usaha dalam bidang jasa penyedia akomodasi untuk perjalanan wisata ke Tanah Suci. Perseroan memiliki visi untuk menjadikan penyedia perjalanan wisata dan perjalanan religi yang amanah, profesional, dan terpercaya yang mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan manfaat bagi masyarakat.