EmitenNews.com - Keren ini. Kota Bogor, Jawa Barat adalah ikon wisata perkotaan. Dalam penilaian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, kemajuan pariwisata di kota hujan ini mampu menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru.


Dalam keterangannya, Sabtu (6/8/2022), Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, dalam penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru, Kota Bogor adalah ikon wisata. Wisata yang menjadi konsep urban tourism.


Menteri Sandiaga yang menyempatkan gowes bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan komunitas sepeda melihat dan melewati Kota Bogor, kawasan Suryakencana, Tugu Kujang, Kebun Raya Bogor yang menjadi tujuan utama, dan menjadi daya tarik wisata tersendiri di Kota Bogor.


Sementara itu, Menteri Sandiaga juga mendukung pengembangan kampung tematik, Kampung Wisata Mulyaharja yang masih menyuguhkan persawahan seluas 12 hektare di tengah kota, terletak di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Ia menyebutkan, di Bogor Selatan ada konsep kampung wisata yang akan dikembangkan ke depan.


Menteri Sandiaga menyampaikan, sesuai pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus 2022, akan merayakan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen. Dari situ, sektor pariwisata menyumbang hampir 10 persen yakni 9,76 persen pada pertumbuhan ekonomi. ***