EmitenNews.com -PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) dan anak usahanya, PT Merdeka Industri Mineral (MIN) menyepakati pengalihan piutang MBMA sebesar USD121,59 juta. Sehingga, MIN menjadi kreditur baru atas nilai piutang tersebut.

Berdasarkan keterbukaan informasi MBMA yang dikutip Kamis (28/12), perseroan dan MIN telah menandatangani Perjanjian Novasi Sebagian, sehubungan dengan Perjanjian Pinjaman Pemegang

Saham tertanggal 30 Maret 2023.

Pada kesepakatan tersebut, MBMA memutuskan untuk mengalihkan, memberikan dan menyerahkan dengan cara novasi hak-hak dan kewajiban-kewajibannya atas jumlah pokok senilai USD121,59 juta yang sebelumnya diberikan kepada PT Zhao Hui Nickel (ZHN) berdasarkan Perjanjian Pinjaman Pemegang Saham pada 30 Maret 2023.

Sehingga setelah efektifnya Perjanjian Novasi Sebagian tersebut, MIN akan menjadi kreditur baru atas Perjanjian Pinjaman Pemegang Saham. Seperti diketahui, ZHN merupakan entitas terafiliasi dengan MBMA dengan kepemilikan sebesar 50,1 persen.

"Dengan terlaksananya transaksi, maka memberikan dampak positif kepada perseroan yang pada akhirnya dapat menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham perseroan secara tidak langsung," demikian disampaikan Corporate Secretary MBMA, Deni Greviartana Wijaya dalam surat resmi perseroan kepada Otoritas Jasa Keuangan.