EmitenNews.com - Buyung Poetra Sembada (HOKI) melihat minat masyarakat terhadap produk DailyMeal Rice berupa beras jagung dan beras singkong terus meningkat awal 2024. Oleh karena itu, perseroan akan mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal ke berbagai pasar eceran, dan farmasi. 

Salah satu pendorong permintaan produk DailyMeal kepedulian masyarakat akan kesehatan. Saat ini, masyarakat sadar pentingnya mengonsumsi makanan-makanan sehat, bergizi, dan rendah gula. DailyMeal Rice merupakan beras khusus bebas akan gula. 

Meski demikian, rasa produknya sendiri mirip seperti nasi biasa, dan pulen. ”Awal 2024, produk DailyMeal terus mengalami pertumbuhan dibuktikan dengan produk diisikan rak-rak minimarket maupun retail ketika terjadi kelangkaan beras putih,” tutur Direktur Buyung Poetra, Budiman Susilo. 

Selain meningkatkan jaringan distribusi, Buyung Poetra juga menambah varian produk DailyMeal yaitu beras merah. Sebagai informasi, saat ini DailyMeal, produk baru FMCG (fast moving consumer goods) dari Buyung Poetra terdiri dari DailyMeal Rice, dan DailyMeal Eats. 

DailyMeal Rice adalah beras kemasan sehat saat ini memiliki varian Beras Jagung, Beras Singkong. Adapun DailyMeal Eats produk beras berbumbu warisan Nusantara telah menyajikan pilihan varian Nasi Uduk, Nasi Kebuli, dan Nasi Goreng Spesial Pedas. 

Nah, untuk makin mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal, Buyung Poetra akan terus menggencarkan pemasaran berbagai retail market untuk memudahkan konsumen mendapatkan. Saat ini, produk DailyMeal ini sudah bisa ditemukan di berbagai retail market terdekat seperti Indomaret, Alfamidi, Superindo, Hero, Lottemart, HariHari, dan sebagainya. 

Mulai kuartal IV-2023, perseroan telah memperbanyak jaringan distribusi berbagai wilayah Pulau Jawa. Tidak hanya melalui retail market, penambahan jaringan distribusi DailyMeal juga dilakukan melalui jaringan retail farmasi seperti Kimia Farma, Watsons, dan Century. Bahkan juga tersedia di stasiun pengisian bahan-bakar umum Shell. 

Sejak diluncurkan pada 2022 sebagai bagian dari proses transformasi usaha Buyung Poetra ke bisnis FMCG, permintaan terhadap produk beras khusus dengan merek DailyMeal dijalankan anak usaha, Hoki Distribusi Niaga (HDN) ini terus mengalami peningkatan. Itu dapat dilihat dari kinerja HDN membukukan penjualan Rp3,5 miliar pada kuartal III 2023, meningkat 843 persen YoY. 

Semua perkembangan positif tersebut makin menguatkan tekat perseroan untuk terus fokus pada upaya pengembangan bisnis FMCG agar tidak bergantung ke produksi, dan distribusi beras putih. Oleh karena itu, meski industri beras penuh tantangan, tetapi demi melihat minat konsumen masih positif terhadap produk DailyMeal Rice dan DailyMeal Eat, perseroan optimistis tahun ini dapat mencapai pertumbuhan penjualan di atas 10 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Tahun ini, Buyung Poetra menganggarkan belanja modal atau Capex sekitar Rp15 miliar. Mayoritas dari belanja modal tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk FMCG melalui PT HDN. Misalnya, pembelian tanah, pembangunan pabrik, dan lainnya. (*)