EmitenNews.com - PT MNC Investama Tbk (BHIT) sepakat menjual saham perusahaan tambangnya, PT Bhakti Coal Resources kepada "saudara kandungnya" sesama MNC Group, PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk yang kini berubah nama menjadi PT MNC Energy Investments Tbk.


Transaksi jual beli saham tersebut terungkap dari keterbukaan informasi yang dikirim manajemen BHIT kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 25 Februari 2022.


"Dalam rangka memenuhi ketentuan Peraturan OJK No.31/POJK.04/2015 tanggal 16 Desember 2015 tentang Keterbukaan atas Informasi atau Fakta Material oleh Emiten atau Perusahaan Publik dan Peraturan OJK No.42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan, dengan ini perseroan menyampaikan keterbukaan informasi atau fakta material sebagai berikut," tulis surat yang diteken Direktur Utama BHIT, Darma Putra, dan Direktur, Tien.


Dalam uraian fakta material diakui bahwa transaksi jual beli saham PT Bhakti Coal Resources antara perseroan dan PT MNC Energy merupakan transaksi benturan kepetingan.


Namun dikemukakan, "transaksi ini telah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham independen melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang diselenggarakan pada tanggal 10 Februari 2022, sebagaimana diatur dan disyaratkan dalam POJK No.42/2020," jelas manajemen MNC Investama.


Mereka juga memastikan tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten atau perusahaan publik.(fj)