EmitenNews.com - Kalahkan Singapura, juga Thailand, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Banten, menjadi yang tersibuk di Asia Tenggara pada April 2024. Data OAG Aviation Worlwide Limited menunjukkan, kapasitas kursi penerbangan di bandara ini, mencapai 3,34 juta kursi. Aktivitas mudik Lebaran 2024, menjadi faktor signifikan dalam hal ini. 

Dalam keterangannya kepada pers, Kamis (18/4/2024), VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro mengatakan periode angkutan lebaran 3-18 April 2024 turut mendorong Bandara Soekarno Hatta menjadi yang tersibuk di kawasan ASEAN.

“Angkasa Pura II selaku operator bandara bersama dengan maskapai, serta didukung penuh regulator, mampu memenuhi tingginya permintaan yang ada selama peak season angkutan Lebaran 2024," kata Cin Asmoro.

Info Publik menuliskan, di bawah Bandara Soekarno Hatta yang tersibuk se-Asia Tenggara itu, ada Bandara Changi (Singapura) dan Bandara Suvarnabhumi (Bangkok, Thailand), di posisi kedua dan ketiga pada April 2024.

Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda memaparkan aktivitas mudik Lebaran 2024, menyumbang angka yang membuat Bandara Soekarno Hatta tersibuk di Asia Tenggara. Pada angkutan lebaran H-7 hingga H+4 (3-15 April 2024) jumlah pergerakan penumpang sudah mencapai 2,02 juta orang.

Itu berarti naik 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, sebanyak 1,88 juta orang. Pada H-7 hingga H+4, maskapai juga sudah mengoperasikan sebanyak 994 penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Soetta.

Kolaborasi yang baik antara seluruh stakeholder menjadikan operasional dan pelayanan tetap terjaga di tengah tingginya lalu lintas penerbangan. Bandara Soetta beroperasi 24 jam setiap hari.

Selain itu memastikan ketersediaan slot time penerbangan bagi maskapai untuk bisa melayani perjalanan udara masyarakat pada periode angkutan lebaran. Total sudah dioperasikan 994 extra flight dan akan terus bertambah lagi.

Sepanjang angkutan lebaran hingga H+4 ini, destinasi tersibuk dari Bandara Soetta adalah menuju Denpasar. Jumlah penumpang sebanyak 336.610 orang, disusul ke Medan dengan penumpang 251.699 orang.

Kemudian Surabaya dengan penumpang 197.731 orang, Makassar dengan penumpang 170.596 orang, dan Padang dengan penumpang 166.218 orang.

Kesiapan infrastruktur dan fasilitas di sisi udara dan sisi darat berperan signifikan dalam memastikan kelancaran penerbangan dan layanan kepada penumpang pesawat.

Pada 2024, OAG juga menobatkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara yang paling pulih dari dampak pandemi COVID-19 untuk kawasan Asia Pasifik. Bandara kebanggaan Indonesia itu, meraih medali emas kategori The Most Recovered Airport dalam Asia-Pacific (ASPAC) Aviation Network Champions pada Maret 2024. ***