EmitenNews.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Mandiri (BMRI), Bank Negara Indonesia (BBNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BBRI) melakukan groundbreaking proyek pembangunan kantor cabang/layanan masing-masing. Groundbreaking dilakukan Presiden Joko Widodo.

Itu menandai langkah penting dalam mendukung pengembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kehadiran lembaga jasa keuangan itu, akan membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi Nusantara, khususnya dalam menyediakan akses layanan perbankan inklusif.

"Pembangunan Nusantara diharapkan menjadi titik awal terbentuknya ekosistem perbankan tidak hanya efisien, namun juga ramah lingkungan, dan modern," tutur Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN, Kamis (29/2).

Perjanjian OJK dan Otorita IKN didasari pada Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Republik Indonesia Nomor 179/KM.6/KNL.0704/2023 tanggal 10 Oktober 2023 Tentang Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Negara Pada Otorita Ibu Kota Nusantara Yang Dioperasikan Oleh Pihak Lain Dalam Rangka Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan.

Poin-poin perjanjian OJK dan Otorita IKN antara lain mengenai penggunaan barang milik negara (BMN) berupa tanah untuk pembangunan gedung kantor dan fasilitas penunjang lainnya bagi OJK untuk penyelenggaraan urusan pemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Tanah disepakati berlokasi di Sub Wilayah Perencanaan (SWP) I.A., Wilayah Perencanaan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara, seluas 13.800 m2. "Mandiri Digital Services akan menjadi one-stop-financial solution dengan layanan digital dan offline, termasuk Smart Branch, Smart Priority Lounge, Auditorium, Co-working Space, dan SPKLU," tegas Direktur Utama BMRI, Darmawan Junaidi.

Sementara itu, Direktur Utama BRI, Sunarso menekankan komitmen dalam mendukung pembangunan Nusantara sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Pembangunan BRI International Microfinance Center di IKN wujud dedikasi khusus mendukung sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), tulang punggung ekonomi Indonesia.

Gedung BRI International Microfinance Center akan mencakup berbagai fasilitas, termasuk BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery, dan BRI Community Hub yang nantinya juga akan menyediakan layanan konsultasi, pelatihan, dan pendanaan yang terjangkau bagi para pelaku UMKM .

"Langkah ini tidak hanya menegaskan komitmen Otorita IKN dalam menyediakan pelayanan perbankan unggul bagi masyarakat, namun juga mencerminkan semangat dan dedikasi bersama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan di seluruh kawasan Nusantara," pungkasnya. (*)