EmitenNews.com - Pandemi Covid-19 makin melandai. Hari ini pemerintah mencatat kasus aktif infeksi virus Corona, atau coronavirus disease 2019 (Covid-19), sebanyak 9.131 orang. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan, Senin (2/1/2023), yang melaporkan Indonesia mencatat 262 kasus baru. Seiring itu, terdapat kasus sembuh sebanyak 692 dan 16 pasien COVID-19 meninggal dunia. Hingga hari ini, Indonesia telah mencatat total 6.720.443 kasus terkonfirmasi.

 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19, mengumumkan data terbaru pandemi Covid-19 itu, sesuai informasi yang dirangkum dalam 24 jam terakhir, mulai Minggu (1/1/2023) siang hingga Senin (2/1/2023), pukul 12.00 WIB. Masyarakat bisa mengakses data tersebut melalui laman https://covid19.go.id/, atau situs resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id, yang setiap sore diperbarui.

 

Dari informasi Satgas Penanganan Covid-19 diketahui adanya kasus aktif sebanyak 9.131 penderita. Kasus aktif adalah penderita yang masih menjalani perawatan di rumah sakit, atau sedang berikhtiar sembuh dengan isolasi mandiri.

 

Seperti diketahui pemerintah telah resmi mencabut Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM), Jumat (30/12/2022), mengacu pada membaiknya situasi pandemi COVID-19 di Indonesia. Presiden Joko Widodo menegaskan, pencabutan tersebut bukan keputusan tergesa-gesa, melainkan berlandaskan kajian sains dan masukan dari epidemiolog.

 

Salah satu pertimbangannya, yakni tingkat imunitas warga Indonesia terhadap virus Corona yang ditemukan sudah mencapai 98,5 persen. Sepekan terakhir ini pun pandemi Covid-19 terus melandai. Jumlah kasus harian, terus menurun dari hari ke hari.

 

Tetapi, dengan perkembangan yang ada, pemerintah meminta masyarakat memiliki tanggung jawab tinggi dan secara kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah Corona, dimulai dari menekan angka penularan.

 

Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

 

Berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus Corona sebesar 35 persen. Sedangkan memakai masker bisa mengurangi risiko penularan virus Corona hingga 45 persen kalau memakai masker kain. Kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75 persen.

 

Mari terus menegakkan protokol kesehatan secara ketat. Ini penting, untuk