EmitenNews.com - PEFINDO berikan peringkat idA- untuk PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) dengan prospek stabil.

Pefindo dalam rilisnya Jumat (5/1) menyebutkan Peringkat mencerminkan kebijakan keuangan SGER yang konservatif serta struktur permodalan yang konservatif dan proteksi arus kas yang kuat. Peringkat dibatasi oleh diversifikasi produk yang terbatas dan fleksibilitas keuangan yang moderat.

 

Peringkat dapat dinaikkan apabila SGER memperkuat profil bisnisnya dengan lebih mendiversifikasi produk-produknya untuk menurunkan eksposur terhadap batubara dengan tetap mempertahankan marjin keuntungan, yang akan berdampak positif terhadap profil keuangan dan fleksibilitas keuangan Perusahaan.

Di sisi lain, peringkat dapat diturunkan apabila pendapatan atau EBITDA Perusahaan menurun signifikan dari target atau apabila Perusahaan menerima utang yang lebih banyak dari yang diproyeksikan untuk membiayai proyek-proyek barunya, yang dapat memperberat profil keuangan Perusahaan.

 

SGER didirikan pada tahun 2008 dan bergerak pada bidang perdagangan komoditas, terutama batubara dan nikel. Perusahaan beroperasi di pasar domestic dan regional, seperti Vietnam, Singapura, China, dan India. Perusahaan juga memasuki pasar Eropa melalui anak usahanya yang berbasis di Dubai, Hineni Seven Resources DMCC.

Per 30 Juni 2023, pemegang saham Perusahaan adalah PT Sumbermas Inti Energi (50,1%), Vivi Ramalyati Hutama (11,1%), Welly Thomas (8,6%), dan publik (30,2%).