EmitenNews.com - Para pemangku kepentingan di Indonesia diminta membentuk ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan agar dapat diakses oleh seluruh masyarakat di Tanah Air. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyoroti pentingnya peran produk dan layanan keuangan digital di kalangan masyarakat, terutama ketika masa pandemi COVID-19.

 

"Keunggulan dari sektor keuangan digital perlu disadari sebagai peluang dan tantangan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk membentuk ekosistem keuangan digital yang efektif, inovatif, inklusif, serta berkelanjutan," kata Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

 

Saat pandemi Covid-19, digitalisasi menjadi solusi paling efektif membantu masyarakat yang tidak memiliki keleluasaan terkait pergerakan fisik. Hal itu memicu terjadinya pergeseran perilaku masyarakat yang bertransisi dari pola transaksi konvensional menjadi digital.

 

Karena itu, Ma'ruf Amin menekankan pentingnya perluasan akses layanan keuangan digital di berbagai pelosok daerah Indonesia. Ia menyebutkan, layanan keuangan digital perlu diperluas hingga menjangkau masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air demi meningkatkan inklusi keuangan yang akan mendorong pembelian ekonomi nasional yang kokoh, berkelanjutan, dan lebih merata. ***