EmitenNews.com - Sinar Eka Selaras (ERAL) memperkuat modal Sinar Era Aktif (SEA). Itu dilakukan dengan penyuntikan dana sekitar Rp12,5 miliar. Penguatan modal itu dilakukan dengan menyerap 2,5 juta saham seri B SEA dengan nominal Rp5.000.


Penyetoran tambahan modal oleh perseroan kepada SEA dilakukan secara bertahap. Di mana, tahap pertama penyetoran tambahan modal sebanyak Rp5 miliar. Itu sesuai dengan nomor referensi transfer setoran modal perseroan melalui Bank BCA dengan nomor. 651459173 pada 14 September 2023. Dengan begitu, kepemilikan saham perseroan di SEA menjadi 99,80 persen. 


Penyetoran tambahan modal oleh perseroan tahap 2 sebanyak Rp7,5 miliar, sesuai nomor referensi transfer setoran modal perseroan melalui Bank BCA dengan nomor. 651458801 pada 19 September 2023 guna mempertahankan kepemilikan perseroan sebagai pemilik mayoritas. 


Perubahan jumlah modal ditempatkan dan disetor tersebut sebagaimana dinyatakan berdasar akta pernyataan keputusan para pemegang saham SEA nomor 10. Pemegang saham SEA telah menyetujui antara lain, peningkatan modal ditempatkan dan disetor SEA dari Rp5 miliar menjadi Rp17,5 miliar dengan cara menerbitkan 2,5 juta saham baru seri B dengan nominal Rp5.000 per lembar.


”Seluruh dana penyertaan modal SEA dilakukan perseroan bersumber dari kas internal perseroan. Berdasar hal itu, penambahan, dan pengambilan saham-saham baru SEA termasuk transaksi afiliasi wajib dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” tulis Badar Teguh Mancik Alam, Corporate Secretary Sinar Eka Selaras. (*)