EmitenNews.com - PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) emiten Industri Pakaian Jadi akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memberikan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

 

"PBRX berencana untuk menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 21.500.000.000 saham dengan nilai nominal Rp25 per saham atau 331,87 % dari modal ditempatkan dan disetor penuh," tulis  Fitri Ratnasari Hartono

Direktur Pan Brothers Tbk (PBRX).

 

Sebelum dilakukannya rights issue, PBRX akan meningkatkan modal dasar Perseroan dari sebesar Rp647,5 miliar yang terbagi atas 25.900.000.000 saham yang masing-masing bernilai nominal Rp25,00 menjadi sebesar Rp875 miliar yang terbagi atas 35.000.000.000 saham yang masing-masing bernilai nominal Rp25,00.

 

Saham Baru dalam rights issue tersebut memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen dengan saham Perseroan lainnya dan waktu pelaksanaannya sesuai ketentuan yang belaku paling lambat 12 bulan setelah tanggal pelaksanaan RUPS, dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

"PBRX merencanakan menggunakan dana hasil PMHMETD setelah dikurangi dengan biaya emisi untuk modal kerja dalam rangka mendukung pengembangan usaha Perseroan dan pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETDnya akan terkena dilusi kepemilikan maksimum sebesar 76,85%,"tuturnya.

 

Ditambahkan rencana rights issue ini akan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan sekitar 331,87 % dari modal ditempatkan dan disetor penuh saat ini.

 

Pelaksanaan rights issue akan meningkatkan dana kas serta menurunkan rasio liabilitas terhadap modal , dengan demikian akan memberikan peluang bagi Perseroan untuk memperoleh pembiayaaan atas rencana kedepannya.

 

Untuk melancarkan aksi korporasi ini, PBRX akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang digelar pada tanggal 15 September 2022.