EmitenNews.com - Bank BTPN (BTPN) bakal menjadi pengendali Oto Multiartha. Itu dengan penguasaan saham Oto Multiartha 51 persen. Sisa 34 persen dikempit Summit Auto Group (SAG).


Selanjutnya, Sinar Mas Multiartha menggenggam 15 persen. ”Perubahan komposisi pemegang saham itu, bertujuan untuk memperkuat basis bisnis, mendongkrak kinerja, dan mewujudkan strategi ekspansi serta pertumbuhan berkelanjutan,” tegas Putu Arya Darma Sukerta, Deputy Corporate Secretary Oto Multiartha.


Perubahan komposisi pemegang saham Oto Multiartha itu, sehubungan dengan langkah Summit Auto group, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) mengalihkan saham kepada Bank BTPN (BBTN), sebagai anak usaha SMBC. 


Summit Auto Group, anak usaha Sumitomo Corporation (Grup SC), dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) akan menyerap seluruh right issue 7.532.311.297 lembar saham atau 92,43 persen dari total saham baru terbitan Bank BTPN. BTPN menggeber right issue dengan melepas 3,095 miliar saham baru bernominal Rp20 per lembar.


Pemegang saham pengendali BTPN asal Jepang itu, juga akan bertindak selaku pembeli siaga right issue yang tidak ditebus pemegang saham minoritas. Dana hasil right issue untuk pengambilalihan Oto Multiartha (OTO) dari Summit Auto Group, anak usaha Sumitomo Corporation (Grup SC), dan SMBC dengan nilai 62,4 persen dari dana right issue.


Sedangkan 37,2 persen dana hasil right issue untuk pengambilalihan perusahaan bergerak kegiatan usaha pembiayaan, yaitu PT Summit Oto Finance (SOF) dari PT Summit Auto Group, anak usaha dari Grup SC, dan SMBC. Sisanya, 0,4 persen dana aksi korporasi untuk modal kerja BTPN. (*)