EmitenNews.com -Emiten manufaktur komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) optimis penjualan komponen di Semester 1 tahun ini tumbuh signifikan, seiring dengan kembali bangkitnya permintaan otomotif di Indonesia.

 

Menurut laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada bulan Mei 2023 penjualan mobil di Indonesia mencapai 82.097 unit atau tumbuh 39,4% MoM.

 

Tidak ketinggalan, penjualan sepeda motor juga melaju pesat.

 

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) melaporkan, penjualan sepeda motor di Indonesia pada bulan Mei 2023 mencapai 529.771 unit, atau tumbuh 49% MoM.

 

"Permintaan komponen otomotif yang kita produksi sudah pasti seiring dengan permintaan otomotif. Jika melihat penjualan mobil dan sepeda motor pada bulan Mei yang meningkat signifikan, maka kita bisa berharap bahwa permintaan komponen otomotif juga bertumbuh dengan kecepatan yang setara. Oleh karenanya, kami melihat penjualan Perseroan pada Semester 1-2023 ini akan tetap tumbuh sesuai harapan," kata President Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima Pasardana.id, baru-baru ini.

 

Selain itu, lanjutnya, melihat masih banyaknya komponen otomotif yang saat ini masih diproduksi di luar negeri, menciptakan peluang yang luas bagi DRMA untuk memproduksi produk-produk tersebut secara lokal di dalam negeri, sehingga semakin meningkatkan protofolio bisnis Perseroan.

 

Sebagai contoh, baru-baru ini DRMA berhasil memproduksi member suspension untuk beberapa model mobil tertentu dengan kualitas dunia.

 

Keberhasilan ini membuat Perseroan semakin memiliki daya saing yang tinggi.

 

Sebagai catatan, pada kuartal I tahun 2023 ini, penjualan DRMA tercatat sebesar Rp 1,4 triliun atau meningkat 57,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2022.