EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah menyelidiki penyebab gangguan koneksi server bursa dengan beberapa Anggota Bursa yang berlangsung beberapa saat pada pembukaan perdagangan pagi ini Selasa(8/11/2022). Gangguan itu memicu berapa AB mengalami gangguan melakukan perintah transaksi  dari nasabahnya.

 

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Kristian S. Manullang mengungkapkan bahwa  gangguan beberapa detik pada salah satu server Bursa menyebabkan masing-masing satu koneksi dari AB terdampak yang  terhubung ke server tersebut putus dan harus login kembali.

 

Ia bilang bursa memiliki beberapa server, demikian pula AB memiliki beberapa koneksi yang terhubung ke server-server Bursa yang berbeda, sehingga bila terjadi gangguan diharapkan tidak semua koneksi AB mengalami dampak dari gangguan tersebut.

 

“Sedangkan penyebabnya gangguan  masih terus dilakukan investigasi,” kata dia kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

 

Ia menegaskan, server yang mengalami gangguan sudah pulih kembali,  setelah  AB kembali  login kembali berfungsi  normal.

 

“Sehingga gangguan tadi pagi tidak mempengaruhi volume transaksi hari ini,”kata dia.

 

Ia juga menyampaikan, gangguan tadi pagi tidak dialami oleh AB yang menjadi penjamin emisi efek 6 emiten baru tercatat pagi ini.

 

“Terkait transaksi dari 6 IPO hari ini,  AB dapat menyampaikan ordernya melalui koneksi mereka yang tidak mengalami ganguan,” kata dia.