EmitenNews.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung inovasi maskapai penerbangan dalam rangka menstabilkan harga tiket pesawat. Dari situ diharapkan tercipta suatu ekuilibrium (titik keseimbangan baru) industri penerbangan, yaitu di satu sisi tarifnya bisa lebih terjangkau dan di sisi lain industri penerbangan juga bisa bangkit lebih kuat.


Saat menghadiri Super Air Jet First Anniversary dan SAJ Fashion Show di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta, Senin (22/8/2022), Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, mendukung inovasi Lion Group dengan BNI untuk memberikan tarif terjangkau, khususnya di hari-hari kerja (weekdays) pada siang hari.


“Hal ini juga akan mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya menggunakan pesawat di pagi atau sore hari dan di hari libur. Jadi kalau mau tiket yang tidak mahal, naiknya bisa di hari kerja dan siang hari," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.


Menhub mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, khususnya maskapai, untuk bersama-sama pulih dan bangkit lebih cepat, sesuai dengan momen Presidensi Indonesia pada kegiatan G20.


Meskipun saat ini dihadapkan pada situasi sulit akibat keterbatasan pesawat maupun awak/kru akibat pandemi Covid-19. Sektor perhubungan kata Menhub, berkontribusi sebesar 21,27 persen pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada kuartal kedua tahun 2022 tumbuh di atas 5 persen.


“Momentum pertumbuhan ini harus dilakukan dengan konsisten agar tidak menurun," tutur Menhub Budi Karya Sumadi. ***