EmitenNews.com - Pemerintah menyiapkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat jika harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi naik. Rabu (24/8/2022) sore, pemerintah menggelar rapat yang membahas subsidi BBM. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu poin yang dibahas adalah menyiapkan bansos bila harga Pertalite, dan solar subsidi naik.


"Jadi bukan hanya terkait penyesuaian atau pembatasan, tetapi bantalan-bantalan sosial yang harus disiapkan," ujar Airlangga Hartarto kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022).


Menurut Airlangga Hartarto, besaran subsidi energi saat ini yang mencapai Rp502 triliun, dinilai memberatkan APBN. "Tentu perlindungan sosialnya akan kita tebalkan. Kita punya banyak sistem yang sudah dilakukan selama KPC PEN."


Sejauh ini, skema bantalan sosial seperti apa yang akan disiapkan pemerintah, jika harga BBM naik itu, masih disiapkan.


Keputusan untuk menaikkan harga BBM subsidi, atau mengurangi subsidi energi, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih dalam pembahasan pemerintah. Masalah itu, sedang dimatangkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. ***