EmitenNews.com - Presiden RI Joko Widodo kembali mengunjungi kawasan Mandalika, Lombok, NTB pada Kamis 13 Maret 2022. Kunjungan Jokowi kali ini hendak meninjau sejumlah fasilitas bandara yang akan digunakan oleh para peserta dan penonton MotoGP 2022, kesiapan jalur bypass menuju KEK Mandalika, dan fasilitas lain di KEK Mandalika.


Presiden Jokowi meninjau sepanjang jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Majid menuju lokasi Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang sudah dipercantik. Jalan, fasilitas, sampai lanskap seperti Bundaran Bypass, Bukit Jokowi, Bundaran Sunggung, penghijauan di median jalan sampai jalur lambat, sudah berubah untuk menyambut gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.


"Saya melihat langsung dan menikmati perubahan itu saat menjajal jalan bypass tadi dengan sepeda motor. Dengan semua persiapan itulah kita akan menyambut tamu-tamu yang datang dari berbagai penjuru dunia pada saat MotoGP diselenggarakan dan juga acara-acara lain yang akan digelar di Mandalika," Ujar Presiden.


Sirkuit Mandalika siap menjadi ajang balap motor dunia MotoGP tahun ini. Tapi Sirkuit Mandalika bukan urusan balap motor semata, melainkan juga menyangkut ekonomi masyarakat. Acara besar yang mendatangkan para pebalap, penonton, dan wisatawan dari seluruh penjuru dunia ini harus memberi dampak ekonomi kepada warga sekitarnya.


Karena itulah, sarana-sarana hunian pariwisata berupa homestay telah dibangun di sejumlah desa di Kabupaten Lombok Tengah yang pembenahannya dibantu oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR.


Menyambut gelaran MotoGP di Mandalika, pemerintah telah melakukan pembenahan 915 unit sarana hunian pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Mandalika yang terdiri atas 398 homestay dan 517 rumah swadaya.


Homestay dan rumah swadaya ini dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung untuk menikmati ajang MotoGP. Tadi di Lombok, saya meninjau langsung homestay dan rumah swadaya tersebut, dan saya optimistis bahwa semuanya akan terisi penuh pada saat penyelenggaraan MotoGP nanti.


"Sirkuit Mandalika terletak di bibir Samudera Hindia. Karena itu sirkuit ini begitu indah. Kita bahkan dapat menikmati pemandangan ke arah sirkuit dan samudera sekaligus dari titik tempat saya berdiri ini. Letaknya di tikungan 10 Sirkuit Mandalika," kata Presiden Jokowi.


Dari sini, jalanan dan tikungan sirkuit, hamparan rumput, sampai permukaan Samudera Hindia menjadi paduan pemandangan yang sangat menarik. Tidak heran jika titik ini disebut Bukit 360. Titik ini tentu akan jadi rebutan para investor menempatkan papan iklan atau reklamenya.


Jokowi juga menambahkan, Mandalika, siapa yang tak mengenalnya kini? Di sana ada sirkuit balap berkelas dunia yang siap menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP.


Tapi Lombok bukan hanya Mandalika. Siapa pun yang berkunjung ke Lombok, NTB, akan terpesona oleh bentang alamnya, dari laut sampai gunung. Pantai Tangsi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Sendang Gile, Bukit Merese, desa-desa adat, dan sebagainya. "Lombok bukan hanya Mandalika," tutup Presiden Jokowi.