EmitenNews.com - Investasi Jepang keren. Karena itu, Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Industri dan Pembangunan, Rachmat Gobel mendorong hadirnya investasi Jepang yang lebih besar di Indonesia. Politikus Partai NasDem memiliki sejumlah alasan mengapa perlu mendorong lebih banyak investasi Jepang di Tanah Air.


"Investasi Jepang dikenal selain mengutamakan kualitas juga memiliki komitmen tinggi terhadap isu lingkungan, yang selalu mengutamakan efisiensi dan produktivitas dalam membangun daya saingnya," kata Rachmat Gobel, Rabu (8/6/2022), usai menghadiri peresmian pabrik industri makanan dan minuman PT Chateraise Gobel Indonesia.


Lebih dari itu, menurut Rachmat Gobel, dalam berinventasi di Indonesia, Jepang tidak hanya bertindak sebagai pemodal semata, namun juga telah melakukan transformasi teknologi dalam industri nasional.


Gobel menyampaikan, pada bangsa Jepang dalam membangun industrinya, terdapat prinsip Monozukuri dan Hitozukuri. Transfer teknologi, kata mantan Menteri Perdagangan ini, bukan hanya bicara bagaimana menciptakan barang yang berkualitas, tetapi juga bagaimana manusianya mampu memahami tentang teknologi tersebut.


"Ada proses dan tahapan yang harus dilewati untuk bisa disebut sebagai transformasi teknologi. Pertama adalah transfer of job (pekerjaan), transfer of know how (mengerti), dan baru kemudian terjadilah transfer teknologi," kata Rachmat Gobel. ***