Kapitalisasi pada Outlook Negatif. Fitch telah mempertahankan skor kapitalisasi dan leverage BNI di 'bb+' tetapi telah merevisi prospek menjadi negatif dari stabil. Revisi kami mempertimbangkan pembatalan rencana rights issue BNI dan niatnya untuk meningkatkan rasio pembayaran dividen dari 25% menjadi sekitar 30%-40%, sehingga menciptakan tekanan pada rasio CET1 bank saat ini sebesar 17,0% pada akhir- 9M22.

 

Profil Pendanaan yang Stabil. Kami berharap pendanaan dan likuiditas BNI tetap memuaskan, dengan rasio pinjaman/deposito (LDR) meningkat secara bertahap seiring dengan penurunan likuiditas industri. Kami telah mempertahankan skor pendanaan dan likuiditas di 'bbb-', di atas skor kategori tersirat 'bb', karena kami terus menerapkan penyesuaian positif untuk 'struktur simpanan' dengan mempertimbangkan sebagian besar rekening giro dan rekening tabungan ( CASA) dari total simpanan.


Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif: Penurunan peringkat sovereign Indonesia atau anggapan melemahnya kecenderungan dukungan dari pemerintah dapat menyebabkan penurunan peringkat GSR BNI, yang juga akan menyebabkan penurunan peringkat IDR-nya. Penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang BNI kemungkinan akan timbul dari melemahnya profil kredit secara keseluruhan relatif terhadap peringkat nasional lembaga keuangan Indonesia.

 

Penurunan Viability Rating (VR) dapat berasal dari penurunan yang signifikan pada posisi keuangan BNI, namun hal ini hanya akan terjadi di tengah revisi ke bawah dari beberapa Key Rating Drivers. Hal ini mungkin akan bergantung pada penurunan yang lebih besar dari pinjaman yang direstrukturisasi menjadi NPL dibandingkan dengan perkiraan dasar kami, rasio laba operasional/RWA rata-rata empat tahun bank turun menjadi di bawah 2,4% secara berkelanjutan, rasio CET1 turun - dan tetap di bawah - 17%, dan posisi pendanaan dan likuiditas bank yang terus melemah, kemungkinan akan tercermin dalam peningkatan yang signifikan dalam proporsi sumber pendanaan berbiaya lebih tinggi dan penyangga likuiditas yang ketat di atas persyaratan minimum.



Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, mengarah pada tindakan/peningkatan peringkat yang positif: Peningkatan peringkat sovereign Indonesia atau pandangan kami tentang kecenderungan dukungan yang meningkat dari pemerintah dapat menyebabkan peningkatan GSR BNI, yang juga akan meningkatkan IDR Jangka Panjangnya. Peningkatan Peringkat Nasional Jangka Panjang BNI kemungkinan akan muncul dari penguatan profil kredit secara keseluruhan relatif terhadap peringkat nasional Indonesia. Tidak ada keuntungan untuk Peringkat Nasional Jangka Pendek bank, yang sudah berada di titik tertinggi dalam skala.

 

Peningkatan VR akan bergantung pada peningkatan berkelanjutan di beberapa Penggerak Peringkat Utama, misalnya jika rasio intinya dalam kualitas aset, pendapatan dan profitabilitas, serta kapitalisasi dan leverage, lebih sejalan dengan rekan-rekan yang berperingkat lebih tinggi. Hal ini akan bertepatan dengan bank mempertahankan rasio pinjaman non-performing, 'dalam perhatian khusus' dan direstrukturisasi sejalan dengan rekan-rekan yang berperingkat lebih tinggi, rasio laba operasi rata-rata/aset tertimbang menurut risiko empat tahun di ujung yang lebih tinggi dari Kisaran 1,25% hingga 4,75%, dan rasio CET1 di atas 20%.

 

Hutang subordinasi. Obligasi subordinasi BNI yang sesuai dengan Basel III memiliki peringkat dua tingkat di bawah IDR Jangka Panjang yang digerakkan oleh dukungan. Peringkat pada obligasi subordinasi berlabuh dari IDR, konsisten dengan pedoman kriteria yang merekomendasikan notching untuk tingkat kerugian dari IDR dalam kasus di mana kami menerapkan mitigasi risiko non-kinerja karena dukungan pemerintah. Agar penangguhan pada catatan dapat dipicu, bank harus gagal memenuhi persyaratan modal minimumnya. Pandangan kami secara keseluruhan tentang dukungan yang mendorong GSR BNI di 'bbb-' berasumsi bahwa pemerintah tidak akan membiarkan bank tersebut melanggar buffer modalnya. Oleh karena itu, Sovereign akan memberikan dukungan untuk instrumen ini secara ekstensif - karena pelanggaran persyaratan modal adalah satu-satunya cara agar kupon pada instrumen ini dapat ditangguhkan.


Kedua notch tersebut untuk tingkat keparahan kerugian, untuk mencerminkan subordinasi mereka dan pandangan kami tentang prospek pemulihan obligasi yang buruk dibandingkan dengan obligasi senior tanpa jaminan. Instrumen utang Tier 2 ini memiliki fitur penghapusan permanen yang melekat (baik pokok dan/atau bunga secara penuh atau sebagian) yang dapat dipicu ketika bank mendekati titik non-viabilitasnya.

 

Tidak ada notching tambahan untuk risiko non-kinerja karena kami percaya bahwa non-kinerja dinetralkan oleh potensi dukungan dari pemerintah. Pendekatan ini berbeda untuk bank di Indonesia yang tidak mendapat manfaat dari dukungan pemerintah atau pemerintah. Untuk tipikal bank Indonesia, standar notching Fitch untuk non-performance risk untuk obligasi subordinasi serupa adalah satu notch, untuk memperhitungkan risiko kerugian kelangsungan usaha dari penangguhan kupon dan/atau pokok. Obligasi tersebut menggabungkan fitur yang memungkinkan kupon ditangguhkan dan diakumulasikan jika posisi modal bank berada di bawah persyaratan minimumnya.