EmitenNews.com -PT Madusari Murni Indah Tbk (MOLI) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp75 miliar pada tahun 2023. Adapun dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk mendukung operasional serta ekspansi bisnis MOLI.

 

Direktur Utama MOLI, Adikin Basirun merincikan, Perseroan akan mengalokasikan sekitar Rp15 miliar dari capex tersebut untuk penyelesaian Pabrik 2. Kemudian, sekitar Rp10 miliar untuk mendukung peningkatan Evaporator. Dan sisanya, Rp50 miliar akan digunakan untuk perbaikan beberapa tangki penyimpanan, berbagai peralatan dan pemeliharaan, serta termasuk penambahan armada pengiriman.

 

"Kami berupaya meningkatkan kinerja. Oleh karena itu, kami berupaya menyelesaikan ekspansi Plant 2 untuk penetrasi ke pasar baru di kawasan Asia Pasifik, memberikan penawaran produk yang lebih luas kepada pelanggan khusus dan mendiversifikasi sumber bahan baku untuk persiapan membuka pasar Biofuel bersama-sama dengan pemerintah," kata Adikin Basirun, dalam paparan publik yang digelar, Rabu (7/6/2023).

 

Terkait kinerja 2023, Adikin Basirun menambahkan, volume penjualan etanol, CO2 cair dan pupuk kalium diperkirakan meningkat sebesar 5% dari tahun sebelumnya. Kemudian, harga jual etanol dan pupuk kalium yang lebih tinggi di tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya juga akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan penjualan bersih secara keseluruhan.

 

Kemudian Adikin Basirun juga menegaskan, Perseroan akan melakukan efisiensi melalui penekanan biaya operasional. Biaya Operasional diperkirakan akan terkendali pada level yang sama dengan tahun sebelumnya. Sementara untuk pendapatan (beban) lain-lain, Dolar AS diperkirakan akan melemah pada tahun 2023 yang menyebabkan kerugian kurs dari piutang Perseroan dalam mata uang Dolar AS.

 

"Sehingga, kami berharap Laba bersih dapat meningkat sekitar dua kali dibandingkan laba tahun sebelumnya," pungkasnya.

 

Adikin Basirun juga mengungkapkan bahwa Molindo akan fokus pada pasar yang tidak sensitif seperti Kosmetik, Farmasi dan Food & Beverages dan mengurangi volume penjualan ke pasar yang sensitif terhadap harga. Selain itu, Perseroan akan menjual aset yang tidak digunakan untuk mengurangi utang yang berbunga.

 

Namun, jika berkaca pada hasil kinerja Madusari Murni Indah (MOLI) tahun 2022 yang mengalami penurunan laba bersih menjadi Rp7,42 miliar di 2022. Perolehan tersebut turun 75,13% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp29,87 miliar.

 

Penurunan laba bersih juga sejalan dengan susutnya pendapatan perseroan hingga akhir tahun lalu, di mana perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp1,51 triliun, turun 6,00% dari Rp1,61 triliun.