EmitenNews.com - PT Waskita Karya (WSKT) memperkuat modal Waskita Fim Perkasa Realti Rp68,17 miliar. Itu dilakukan perseroan melalui PT Waskita Karya Realty (WKR). Caranya, WKR menyerap 68.175 saham yang dikeluarkan Waskita Fim Realti.


Nilai transaksi itu, 0,34 persen dari ekuitas perseroan Rp19,93 triliun berdasar laporan keuangan konsolidasian audited per Juni 2022. Lalu, nilai transaksi tersebut 2,42 persen dari ekuitas WKR sejumlah Rp2,82 triliun sebagaimana terlihat dari laporan konsolidasi WKR untuk tahun yang berakhir pada bulan Juni 2022. 


Transaksi yang dilakukan merupakan transaksi afiliasi karena WKR sebagai anak perusahaan perseroan. Di mana, perseroan memiliki 99,99 persen, dan WFPR merupakan anak usaha WKR dengan kepemilikan 60 persen. Jadi, transaksi tersebut tidak perlu menggunakan penilai untuk menentukan nilai wajar dari objek transaksi.


Latar belakang dilakukan transaksi WKR dengan WFPR adalah untuk memenuhi kebutuhan pendanaan WFPR. Dengan adanya peningkatan modal dari WKR itu, diharap WFPR dapat memaksimalkan kinerja usaha, dan diharap akan memberikan nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WKR. (*)