EmitenNews.com - PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) akan melakuka penawaran umum perdana atau initial public offering alias IPO sebanyak-banyaknya 700 juta saham dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Jumlah saham tersebut setara 22,54% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO.

 

Dalam prospektus  e-ipo hari ini Senin (16/1) disebutkan, calon emiten properti logistik atau pergudangan tersebut mulai menggelar penawaran awal atau book building hari ini 16 Januari hingga 20 Januari 2023 dengan memasang harga dikisaran Rp 100-109 per saham. Sehingga dana yang bakal diraup  sekitar Rp 70-76,3 miliar.

 

Selain saham, perseroan juga menerbitkan maksimum sebanyak 140 juta waran seri I yang melekat dalam saham baru perseroan tersebut. Jumlah waran sebanyak-banyaknya 5,82% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO ini disampaikan.

 

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru. Setiap pemegang 5 saham baru perseroan berhak memperoleh 1 waran seri I di mana setiap 1 waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

 

Dalam perhelatan ini, VAST akan dibantu oleh Erdikha Elit Sekuritas yang bertindak sebagai penjamin pelaksanan emisi efek.

 

Perseroan merincikan bahwa dana hasil IPO, sebesar Rp 33,05 miliar akan digunakan untuk pembelian aset berupa bidang-bidang tanah dan bangunan. Selain itu, sebesar Rp 16 miliar akan digunakan untuk melunasi seluruh pinjaman berelasi kepada PT Bhinneka Kreasi Perdana.



Sisanya akan digunakan untuk modal kerja, yang digunakan untuk biaya operasional perseroan serta untuk membayar biaya-biaya yang timbul atas transaksi jual beli tanah dan bangunan, termasuk dan tidak terbatas pada BPHTB, notaris, serta biaya terkait lainnya. Sementara, dana yang akan diperoleh dari hasil pelaksanaan waran seri I seluruhnya akan digunakan perseroan untuk modal kerja.

 

Adapun perkiraan jadwal pelaksanaan IPO sebagai berikut

 

- Efektif pada 30 Januari 2023,