Tapi pembelian saham IIKP tersebut dilakukan pada tanggal 23 Desember 2019 dengan kondisi bahwa harga saham IIKP berada pada nilai Rp50sejak 5 Agustus 2019 dan tidak likuid.

 

Transaksi IIKP diinstruksikan Moudy Mangkey dengan menggunakan anggota bursa PT Trimegah Sekuritas untuk kepentingan Heru Hidayat, salah satu terdakwa kasus korupsi Jiwasraya. 

 

Untuk diketahui, saham IIKP berkaitan dengan Heru Hidayat dan Pihak yang menjadi lawan transaksi KPD tersebut yang merupakan rekening Efek yang terkait dengan Grup Heru Hidayat.

 

Keenam, Pan Arcadia Capital kedapatan melakukan pengelolaan Reksa Dana Pan Arcadia Dana Saham Bertumbuh, Reksa Dana Pan Arcadia Ekuitas Progresif, dan Reksa Dana Pan Arcadia Ekuitas Progresif 2 memiliki portofolio Efek yang diterbitkan oleh 1 pihak yang lebih dari 10 persen NAB dan tidak menyesuaikan komposisi portofolio Efek dalam batas waktu sesuai ketentuan.

 

Ketujuh, Pan Arcadia Capital ketahuan melakukan pengelolaan Reksa Dana Syariah Pan Arcadian Dana Saham Syariah dan Reksa Dana Syariah Pan Arcadia Ekuitas Syariah Progresif memiliki portofolio Efek yang diterbitkan oleh 1 pihak yang lebih dari 20 persen NAB dan tidak menyesuaikan komposisi portofolio Efek dalam batas waktu sesuai ketentuan.

 

Sedangkan kepada  Ruddy Raharjo selaku Chief Executife Officer Pan Arcadia Capital, OJK mengenakan Sanksi Administratif berupa denda sebesar Rp200 juta dan Perintah Tertulis berupa larangan menjadi pemegang saham, pengurus dan/atau pegawai di Lembaga Jasa Keuangan bidang Pasar Modal selama 5  tahun karena yang bersangkutan terbukti sebagai Pihak yang menyebabkan PT Pan Arcadia melakukan pelanggaran.

 

Lalu, OJK juga mengenakan denda Rp100 juta dan larangan menjadi pemegang saham, pengurus dan/atau pegawai di Lembaga Jasa Keuangan bidang Pasar Modal selama 5  tahun terhadap Tommy Iskandar Widjaja selaku Pemegang Saham PT Pan Arcadia Capital.  

 

Berikutnya, OJK melayangkan denda Rp300 juta kepada Irawan Gunari selaku Direktur Utama dan Ketua Tim Pengelolaan Investasi PT Pan Arcadia Capital.