Terkait hal ini, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia adalah Kristian Sihar Manullang dalam keterangannya kepada media menyebutkan bahwa Bursa melakukan pemantauan atas seluruh transaksi yang terjadi di Bursa, melakukan tindakan pengawasan, melakukan pemeriksaan dan melakukan koordinasi pengawasan transaksi dengan SRO lain dan OJK. 

 

Selain itu Bursa juga memberikan notasi khusus dan selanjutnya memasukkan ke dalam pemantauan khusus kepada saham saham tertentu yang memiliki catatan khusus terkait fundamental dan volatilitas harga. 

 

Bursa melakukan immediate action terhadap nasabah-nasabah melalui AB sebagai upaya preventif untuk mengingatkan nasabah terkait perilaku transaksinya. Bursa juga mengenakan ARA dan ARB atas order saham yg mencapai level harga tertentu. 

 

Semuanya ini bertujuan untuk perlindungan investor. Disamping itu, bursa melakukan edukasi dan sosialisasi melalui berbagai media kepada investor agar investor memahami hal hal yg harus diperhatikan dalam bertransaksi sebagai salah satu upaya perlindungan investor. Untuk menyemarakkan pasar, Bursa menambah Perusahaan tercatat . mengembangkan produk produk investasi dan tetap mengawasi pasar agar berjalan teratur, wajar dan efisien, tutup Kristian.