EmitenNews.com - Bank QNB Indonesia (BKSW) mengantongi restu menjajakan right issue 14.721.515.640 helai alias 14,72 miliar lembar. Saham baru itu dibekali nilai nominal Rp250 per eksemplar. Itu mendapat persetujuan secara bulat dari pemegang saham.


Tercatat 18,90 miliar pemegang saham secara fisik, 17,41 juta investor via daring alias 99,99 persen memberi persetujuan atas rencana tersebut. Dan, tercatat hanya 20 ribu pemegang saham datan secara online alias 0,0001 persen tidak mengizinkan rencana aksi korporasi tersebut. 


Selain itu, investor juga menyetujui penambahan modal ditempatkan dan disetor setelah right issue 14,72 miliar saham menjadi maksimal Rp8,78 triliun. Hajatan itu, akan menyapa pasar setelah mendapat restu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Ajang itu dipentaskan untuk keperluan modal kerja perseroan. So, dengan agenda right issue tersebut, struktur permodalan akan menjadi lebih baik. Dengan begitu, perseroan akan memiliki pendanaan cukup untuk menjalankan strategi usaha. 


Pelaksanaan right issue akan memberi pengaruh kepada pemegang saham perseroan. Terutama terhadap pemegang yang tidak melaksanakan haknya akan terkena dilusi atas persentase kepemilikan saham dalam perseroan. 


Seluruh dana hasil right issue setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan dipergunakan untuk modal kerja dalam pengembangan usaha dalam bentuk ekspansi kredit. Nah, untuk memuluskan rencana itu, perseroan akan meminta izin kepada para investor melalui rapat umum pemegang saham luar biasa di Jakarta. (*)