- Fitch akan menilai kembali struktur permodalan dan arus kas APLN setelah selesainya DDE, untuk menentukan Peringkat IDR Jangka Panjang dan senior tanpa jaminan.

 

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif:

 

- Fitch akan menurunkan IDR Jangka Panjang APLN menjadi 'RD' (Restricted Default) ketika DDE selesai, dan kemudian menilai kembali IDR perusahaan berdasarkan struktur permodalan pasca-restrukturisasi.

 

SKENARIO PENILAIAN KASUS TERBAIK/TERBURUK

Peringkat kredit berskala internasional dari emiten Korporasi Non-Keuangan memiliki skenario kasus terbaik peningkatan peringkat (didefinisikan sebagai persentil ke-99 dari transisi peringkat, diukur dalam arah yang positif) sebesar tiga tingkat dalam jangka waktu tiga tahun; dan skenario kasus terburuk penurunan peringkat (didefinisikan sebagai persentil ke-99 dari transisi peringkat, diukur dalam arah negatif) dari empat tingkat selama tiga tahun. Rentang lengkap peringkat kredit skenario terbaik dan terburuk untuk semua kategori peringkat berkisar dari 'AAA' hingga 'D'. Peringkat kredit skenario terbaik dan terburuk didasarkan pada kinerja historis. 

 

LIKUIDITAS DAN STRUKTUR UTANG

Likuiditas Tidak Memadai: Penawaran tender APLN akan mengurangi surat utang yang jatuh tempo pada Juni 2024 menjadi sekitar USD132 juta, dari USD300 juta. Kami yakin APLN harus mengandalkan tambahan utang atau penjualan aset untuk mendanai jatuh tempo ini, karena kas holdco (1Q23: Rp125 miliar) dan arus kas dari anak perusahaan tidak akan mencukupi. Selain itu, tenor pendek 18 bulan dari pinjaman jembatan terjamin berarti masalah pembiayaan kembali hanya untuk sementara ditangani.

 

Oleh karena itu kami percaya bahwa penawaran tender sangat penting untuk mengatasi jatuh tempo wesel, dan pilihan alternatifnya terbatas. Secara khusus, pelemahan kinerja operasional APLN kemungkinan akan menghambat akses pendanaannya.