"Super app (diluncurkan) tahun depan. Tetapi sambil menunggu super app, akan ada versi terbaru dari Wokee saat ini. Super app yang akan kita buat itu akan sangat melengkapi layanan yang ada saat ini pada aplikasi Wokee," ungkap dia.

 

Adapun saat ini ada sebanyak 56.000 pengguna terdaftar Wokee, dengan jumlah pengguna aktif relatif lebih sedikit. Di samping itu, total nasabah ritel KB Bukopin mencapai 1,6 juta. "Jadi (pengguna aplikasi) masih relatif kecil, ruang untuk bisa kembangkan sangat besar," demikian terang Charles.

 

KB Bukopin menargetkan transaksi tarik tunai tanpa kartu setelah kerja sama ini dapat meningkat hingga 20% dari angka rata-rata transaksi perbankan tanpa kartu yang saat ini berjumlah 5.000 transaksi per bulan. "Angka 20% itu kami targetkan yang menggunakan debit pindah ke cardless," ujar Charles.

 

Charles menuturkan nasib dari penggunaan kartu Debit tidak akan hilang sama sekali. Menurutnya, ada yang sudah terbiasa dengan cardless, namun juga ada yang masih beradaptasi. Kita juga harus kenali segmen kita yang beragam. Ada yang sudah biasa pakai cardless, ada juga yang belum terbiasa, jelasnya.

 

Dia menilai dibutuhkan sosialisasi lebih mendalam kepada masyarakat.  Yang saya lihat menarik adalah konsumen Indonesia adalah kita terkadang yang suka ikut-ikutan. Itu akan dengan sendirinya dengan dikomunikasikan dengan sendirinya, tambahnya.

 

Charles mengungkapkan bahwa akan ada kerja sama serupa bersama dengan bank lain atau di luar sektor bank untuk mengembangkan layanannya. "Jawaban singkatnya ada. Saat ini tidak mungkin perbankan bergerak sendiri. Kita tadi pagi juga sudah diskusi, meski di luar bank itu juga akan dikembangkan," tutup Charles.